CARA MENGARANSEMEN LAGU

cara mengaransemen lagu

Mengaransemen Lagu Menjadi Bentuk Musik Vokal Empat Suara.

Sebuah melodi lagu dapat kita aransemen menjadi format empat suara. Begitu juga dengan melodi lagu yang terdapat dalam musik non tradisi. Pada bab II di atas kita telah mencoba membuat aransemen lagu tradisional menjadi format dua suara, pada bab ini kita akan membuat suatu aransemen musik vokal yang lebih luas yaitu membuat sebuah melodi lagu menjadi format vokal empat suara.
Format vokal empat suara adalah format vokalyang didalamnya ada empat suara atau melodi yang berbeda. Dalam format empat suara terdapat suara 1, suara 2, suara, 3 dan suara empat.Berikut ini adalah penjelasan mengenai ke empat suara tersebut :
a.Suara 1
Suara 1 bertugas memainkan melodi utama dalam sebuah lagu. Suara 1 biasanya adalah suara tertinggi dalam format empat suara.
b.Suara 2
Suara 2 seperti telah dijelaskan dalam bab II yaitu bertugas memainkan melodi kedua yang berbeda dengan melodi utama. Biasanya suara 2 .
c.Suara 3
Fungsi dari suara 3 pada dasarnya adalah untuk melengkapi harmoni akor yang terdapat dalam sebuah lagu.
d.Suara 4
Suara 4 adalah suara bass dari sebuah lagu, setiap ada pergerakan akor maka suara 4 akan selalu mengikuti pergerakan akor tersebut. Suara 4 merupakan suara terendah dalam format 4 suara.
Ada berbagai cara untuk membuat melodi utama menjadi format vokal empat suara. Berikut ini adalah beberapa teknik yang menunjang untuk melakukan aransemen tersebut :
1. Pembagian Suara Manusia
Suara manusia dapat dikelompokkan berdasarkan usia , yaitu suara anak – anak dan suara manusia dewasa. Pengelompokkan suara anak – anak hanya dibedakan menjadi dua suara yaitu suara tinggi dan suara rendah. Sedangkan suara manusia dewasa dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin. yaitu :
# Suara Wanita : a. tinggi = Sopran
b. sedang = Mezzosopran
c. rendah = Alto
# Suara Pria : a. tinggi = Tenor
b. sedang = Bariton
c. rendah = Bass
Dalam format 4 suara biasanya pembagian suara yang digunakan adalah sebagai berikut :
# Suara 1 = Sopran
# Suara 2 = Alto
# Suara 3 = Tenor
# Suara 4 = Bass
Suara Sopran dan Alto merupakan suara wanita, dan suara Tenor dan Bass merupakan suar pria. Jadi, dalam format empat suara terdapat 2 orang wanita dan 2 orang pria.

2. Harmoni Suara
Harmoni atau paduan nada merupakan gabungan dua nada atau lebih yang berbeda tingginya dan dibunyikan serentak. Ilmu harmoni sangat penting untuk menujang ilmu aransemen karena jika kita menguasai harmoni dan akor maka kita akan mudah untuk membuat format vokal 4 suara.
Jika dalam sebuah melodi kita sudah dapat menentukan akor yang akan digunakan maka kita tinggal memindah nada – nada yang terdapat dalam akor tersebut ke dalam suara 2, 3 dan 4. Sebagai contoh, jika akor yang digunakan adalah akor C mayor maka kita dapat memberikan nada C pada suara 4, nada E pada suara 3, dan nada G pada suara 2. Karena nada – nada yang terdapat dalam akor C mayor adalah C – E –G.

3. Progresi Akor
Telah disebutkan di atas bahwa progresi akor adalah pergerakan akor yang terjadi dalam sebuah lagu. Jika kita telah mengetahui pergerakan / perpindahan akor dalam sebuah lagu, maka kita tingggal memecah nada dalam akor tersebut kemudian dipindahkan ke suara 2, 3, atau 4 dan suara 1 membawakan melodi lagu tersebut.

Leave a response and help improve reader response. All your responses matter, so say whatever you want. But please refrain from spamming and shameless plugs, as well as excessive use of vulgar language.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.